Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Pakan Cupang Yang Berkualitas Dan Di Rekomendasikan


Pakan cupang yang berkualitas tentu sangat dibutuhkan untuk membudidayakan ikan cupang dengan kualitas super. Pakan cupang bisa anda dapatkan dari alam.maupun membuatnya sendiri. Yang terpenting dalam memilih pakan cupang yaitu kualitas dan juga kandungan protein yang cukup untuk ikan cupang itu sendiri.

Beberapa jenis pakan cupang yang dapat anda pilih sebagai berikut :

Pakan Alami Ikan Cupang

1. Jentik Nyamuk


Jentik nyamuk cukup memiliki protein yang banyak untuk pakan ikan cupang. Jentik nyamuk juga sangat mudah untuk ditemukan, terlebih jika musim hujan.
Jentik nyamuk yang baik untuk pakan cupang yaitu jentik nyamuk yang berbentuk larva. Jentik nyamuk larva merupakan jentik nyamuk yang berada dalam permukaan air dalam kondisi tergantung terbalik

Jangan memberikan jentik nyamuk yang berbentuk kepompong. Karena jentik nyamuk yang satu ini tidak baik untuk cupang. Akan menyebabkan perut ikan cupang membuncit bahkan kematian pada ikan cupang.

Untuk memilih jentik nyamuk yang benar, anda bisa memasukkan kedalam air es. Jika jentik tersebut tenggelam maka dapat dipastikan itu adalah jentik nyamuk. Jika tidak berarti bukan.


2. Cacing Darah


Cacing darah juga bisa menjadi alternatif untuk pakan cupang jika jentik nyamuk sulit untuk ditemukan. Cacing darah bukanlah keluarga dari cacing. Melainkan larva nyamuk jenis Chironomus sp.

Cacing darah dapat ditemukan di pasaran. Hanya saja penjual menjualnya dalam kondisi mati dan beku. Sehingga ikan cupang tidak begitu tertarik. Selain itu cacing darah juga tidak baik untuk ikan cupang. Karena sulit untuk dicerna.


3. Cacing Sutra


Jenis pakan cupang yang satu ini sangat mudah untuk ditemukan. Dan juga memiliki protein yang sangat tinggi. Ikan cupang yang diberikan pakan cacing sutra akan tumbuh dengan cepat. Selain itu harga cacing sutra ini juga sangat murah.

Kendala yang anda hadapi ketika memilih jenis pakan ini ialah akan membuat kualitas air menjadi lebih keruh. Karena cacing sutra tidak dijamin kebersihannya. Terlebih jika berasal dari alam. Sebaiknya anda cuci terlebih dahulu agar terhindar dari masalah tersebut.

4. Kutu Air


Kutu air merupakan pakan cupang yang sangat baik. Terlebih untuk cupang yang sedang berumur 4 hari.
Kutu air memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk anakan cupang. Namun kendalanya memang sangat sulit ditemukan di alam. Kalau pun ada jumlahnya pun tidak terlalu banyak.

Jika anda membelinya di toko ikan hias. Harganya akan sangat mahal.
Jenis kutu air yang biasa digunakan untuk pakan ikan cupang yaitu kutu air jenis Moina dan Daphnia.

5. Artemia


Pakan ikan cupang yang satu ini tidak begitu direkomendasikan. Karena pakan ini berasal dari laut. Tentu memiliki banyak kandungan garam yang tidak baik untuk ikan cupang. Selain itu, jika takaran yang diberikan tidak tepat akan mengakibatkan kematian.

Artemia sendiri merupakan jenis udang yang tidak tumbuh sempurna. Udang ini terjebak dalam embrio dan dikatakan sebagai udang primitif.

6. Microworms


Pakan ikan cupang berkualitas yang selanjutnya yaitu Microwoms. Merupakan cacing berukuran mikro dengan ciri-ciri membentuk gumpalan warna putih atau krem.

Cacing ini sangat baik untuk ikan cupang. Karena ukuran cacing ini sangat kecil. Selain itu, kebiasaan Microworms yang meliuk-liuk didalam air akan menarik perhatian ikan cupang untuk melahapnya.

Microwoms memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan sangat baik untuk pertumbuhan ikan cupang. Tertuma yang masih berukuran burayak. Pemberian Microworms sendiri akan membantu meningkatkan pertumbuhan, mencerahkan warna tubuhnya, dan meningkatkan kesehatan.


7. Kuning Telur

Salah satu pakan alami ikan cupang yang mudah didapatkan yaitu kuning telur. Kuning telur bisa digunakan sebagai alternatif apabila kehabisan stok kutu air dan juga Microworms. 
Anda bisa mengukusnya sampai matang, lalu berikan kuning telur sedikit demi sedikit.

Kendala jika menggunakan pakan kuning telur yaitu sifatnya yang mudah membuat air menjadi keruh. Sehingga anda perlu mengontrol penggunaannya. Jangan sampai air menjadi keruh dan membuat ikan cupang terjangkit penyakit karena kondisi lingkungan yang tidak sehat.


Pakan Buatan Ikan Cupang

Pakan buatan ikan cupang bisa menjadi alternatif jika pakan alami tidak lagi tersedia atau sulit untuk didapatkan. Namun penggunaan pakan buatan untuk budidaya ikan cupang tidak direkomendasikan. Lebih baik anda gunakan pakan alami agar pertumbuhan cupang lebih baik.

Pakan buatan untuk ikan cupang biasanya dibuat sendiri oleh para pembudidaya ikan cupang. Biasanya menggunakan cacing sutra sebagai bahan bakunya. Dengan cara melakukan proses fermentasi.

Jika anda terpaksa menggunakan pakan buatan untuk budidaya ikan cupang. Sebaiknya menggunakan takaran dosis yang teratur agar kualitas air tetap terjaga. Berikan 2 - 3 kalo dalam sehari. Dan pastikan bahwa dalam 10 - 15 menit pakan buatan yang anda berikan dapat habis dimakan oleh ikan cupang.

Itulah daftar jenis pakan ikan cupang yang berkualitas dan direkomendasikan untuk anda. Pakan merupakan aspek penting untuk menunjang keberhasilan budidaya ikan cupang yang akan anda lakukan. Oleh karena itu pilihlah pakan yang berkualitas.  

Posting Komentar untuk "Daftar Pakan Cupang Yang Berkualitas Dan Di Rekomendasikan"