Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Merawat Ikan Cupang Aduan Agar Kuat Dan Menang


Cara mudah merawat ikan cupang agar kuat dan menang harus anda lakukan agar ikan cupang anda miliki selalu juara dalam kontes adu cupang. Ikan cupang aduan yang berkualitas tentu memiliki potensi besar untuk menjadi juara. Namun untuk mendapatkan ikan cupang aduan yang berkualitas dibutuhkan perawatan yang maksimal.

Beberapa perawatan dasar harus anda ketahui sebelum melatih ikan cupang untuk menjadi ganas. Karena hal dasar yang harus anda bentuk untuk mendapatkan ikan cupang aduan berkualitas yaitu dengan merawatnya terlebih dahulu. Untuk itu, berikut ini cara merawat ikan cupang aduan agar kuat dan menang. Terutama dalam kontes adu cupang.

Merawat Ikan Cupang Agar Kuat Dan Selalu Menang 

1. Sumber Air 

Langkah dasar yang pertama dan sangat penting yaitu sumber air yang anda gunakan untuk memelihara ikan cupang aduan itu sendiri. Untuk mendapatkan ikan cupang aduan berkualitas yang selalu menang dalam kontes tentu tidak mudah. Sehingga anda perlu melakukannya sendiri.

Satu hal yang paling mendasar dan harus anda perhatikan yaitu sumber air yang akan digunakan untuk merawat ikan cupang itu sendiri. Berikut ini beberapa sumber air yang bisa anda gunakan.

  • Air Ledeng 
Air ledeng atau air irigasi bisa menjadi alternatif untuk memelihara ikan cupang aduan. Namun harus anda waspadai, karena air ledeng memiliki kandungan zat Klorin yang cukup tinggi. Sehingga anda perlu melakukan proses netralisir terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan K2S2O3 untuk menetralisir. Setelah itu endapkan air selama 24 jam. Dan di aerasi minimal selama 8 jam.

  • Air Sumur 
Air sumur juga dapat anda gunakan untuk merawat ikan cupang aduan sebelum ikan cupang aduan dilatih menjadi ikan cupang adu yang ganas. Meskipun terlihat bersih, air sumur juga berpotensi memiliki kandungan yang sama dengan air ledeng. Sehingga anda perlu melakukan proses netralisir terlebih dahulu.

  • Air Sungai 
Air sungai bisa menjadi alternatif ketiga untuk merawat ikan cupang aduan. Biasanya air sungai sedikit agak keruh. Sebaiknya anda melakukan proses penyaringan terlebih dahulu menggunakan ijuk atau zeloit. Setelah itu lakukan pengendapan selama semalam agar air benar-benar bersih.

Itulah sumber air yang dapat anda gunakan. Sumber air ini sangat penting untuk mendapatkan ikan cupang aduan berkualitas.

Catatan yang penting untuk sumber air yaitu dalam proses netralisir. Karena hal ini sangat berperan untuk mendapatkan ikan cupang yang berkualitas. Apabila anda memilih sumber air yang lain. Tidak menutup kemungkinan terdapat gas CO², H2S serta Mineral dan Koloid. Oleh karena itu proses netralisir sangat dibutuhkan.


2. Tingkat Keasaman Air 

Selain sumber air dan juga pentingnya proses netralisir, anda juga dituntut untuk memastikan PH dalam sumber air tersebut. Untuk mendapatkan ikan cupang aduan yang berkualitas tentu harus memenuhi kriteria sumber air yang ideal untuk ikan cupang. Termasuk juga PH air yang ideal untuk ikan cupang aduan.

PH air yang ideal untuk ikan cupang yaitu berkisar antara 6,2 - 7. Untuk air tanah biasanya memiliki PH sedikit asam. Yaitu sekitar 5,2 - 6,8. Sehingga anda perlu mentralkan terlebih dahulu dengan cara menambahkan larutan Kapur Bordo sebanyak 2 ml per liter air. Jika PH bersifat basa, maka anda bisa juga menggunakan daun ketapang untuk menetralkan air tersebut.

Setelah kandungan PH teratasi, langkah selanjutnya adalah mengatasi masalah kandungan Amoniak dan Nitrit yang ada dalam.sumber air tersebut. Kedua kandungan ini tentu sangat tidak baik untuk ikan cupang aduan.

Kandungan Amoniak dalam air akan membuat ikan cupang mabuk atau bahkan mengalami keracunan. Karena kandungan Amoniak ini merupakan kotoran atau gas buang dari ikan cupang tersebut. Tentu untuk merawat ikan cupang aduan agar kuat dan selalu menang, anda harus memperhatikan hal ini dengan lebih detail.

Kandungan lain yang juga harus anda perhatikan yaitu kandungan Nitrit. Kandungan Nitrit lebih berbahaya dibandingkan dengan Amoniak. Karena Nitrit merupakan gas hasil perombakan dari Amoniak itu sendiri.

Cara terbaik untuk mengatasi kedua zat diatas yaitu dengan cara mengganti air secara kontinu. Atau bisa juga menggunakan air yang bersirkulasi.

3. Pakan 

Salah satu bagian penting yang juga menentukan untuk mendapatkan ikan cupang berkualitas dan kuat dalam kontes aduan cupang yaitu pakan. Pakan yang digunakan tidak boleh sembarangan. Terdapat dua jenis pakan yang dapat anda gunakan. Diantaranya :

  • Pakan Alami 
Pakan ini berasal dari alam. Pakan yang sangat di rekomendasikan. Karena ikan cupang biasa hidup dialam, maka lebih baik anda gunakan jenis pakan alami. Selain itu, diyakini ikan cupang akan lebih agresif jika menggunakan pakan alami.

  • Pakan Buatan
Pakan buatan juga dapat anda gunakan untuk merawat ikan cupang aduan yang berkualitas. Namun pakan buatan tidak di rekomendasikan untuk menghasilkan cupang aduan yang berkualitas. Tetapi masih bisa anda gunakan jika pakan alami sulit untuk didapatkan.

Itulah cara merawat ikan cupang aduan agar kuat dan menang dalam kontes. Tetapi harus anda ketahui bahwa ikan cupang perlu mendapatkan pelatihan agar lebih ganas. Dan untuk menghasilkan ikan yang ganas dan kuat tentu membutuhkan ikan cupang aduan yang berkualitas. Oleh karena itu merawat dan memelihara ikan cupang yang berkualitas seperti hal diatas sangat diperlukan sebelum melatih keganasan ikan cupang aduan.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Merawat Ikan Cupang Aduan Agar Kuat Dan Menang "