Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Ikan Cupang Hias Dengan Cupang Aduan


Cara membedakan ikan cupang hias dengan cupang aduan memang sedikit agak sulit jika anda adalah seorang pemula. Berbeda dengan master ikan cupang atau pembudidaya ikan cupang. Tentu mereka akan sangat mudah untuk mengetahui perbedaan ikan cupang hias dan cupang aduan.

Ada beberapa perbedaan cupang hias dengan cupang aduan yang sangat menonjol. Dari corak warna, bentuk sirip hingga ukuran tubuh.

Berikut ini perbedaan ikan cupang dengan cupang aduan :


1. Ikan Cupang Hias


Ikan cupang hias biasa di pelihara untuk akuarium. Hal ini karena bentuk ikan cupang hias lebih indah dan cantik di bandingkan dengan cupang aduan. Banyak sekali jenis-jenis cupang hias ini. Antara lain : serit (crown tail), bulan separuh (halfmoon), laga (plakat), cagak (double tail) dll. Yang berasal dari spesies Betta Splendes.

Ciri-ciri ikan cupang hias yaitu :
  • Sirip dan ekor memanjang dan terlihat cantik seperti gaun yang melambai-lambai
  • Corak warna cenderung lebih cerah dan cantik. Sehingga banyak yang menggunakannya sebagai peliharaan di akuarium.
  • Gerakannya tenang dan pelan
  • Jika bertemu sesama ikan cupang lain, sirip dan ekornya mengembang membentuk seperti gaun

2. Ikan Cupang Aduan


Ikan.cupang tidak hanya di pelihara karena corak warnanya yang cantik. Namun juga bisa digunakan untuk peemainan adu cupang. Yang biasanya di gelar kontes adu cupang di berbagai negara asia. Termasuk.juga Indonesia.

Cupang adu lebih agresif dibandingkan dengan cupang hias. Rata-rata harganya pun lebih mahal. Biasanya cupang aduan ini berasal dari spesies Betta SplendensBetta imbellisBetta mahachai atau persilangan dari antar spesies tersebut.

Ciri-ciri ikan cupang aduan antara lain :
  • Bentuk cupang aduan cenderung lebih besar dan terlihat seram. Tidak seperti cupang hias yang memiliki sirip dan ekor yang melambai-lambai. 
  • Jika melihat ikan cupang lain, cupang aduan lebih memperlihatkan gerakan yang sangat agresif. 
  • Bibirnya sangat kokoh dan mengatup rapat. Menandakan giginya yang curang. 
  • Warna coraknya juga tidak begitu banyak.


Itulah perbedaan ikan cupang hias dengan cupang aduan. Untuk harga tergantung kualitas ikan cupang itu sendiri. Baik untuk ikan cupang jenis aduan atau hias memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan harga termahal. 

Posting Komentar untuk "Cara Membedakan Ikan Cupang Hias Dengan Cupang Aduan "